Rabu, 08 April 2015

TELAAH FILM 'LASKAR PELANGI'



Telaah film ‘Laskar Pelangi’ ini merupakan salahsatu strategi yang kami gunakan dalam penyampaian materi konsep nilai-niolai karakter bangka pada diklat Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Bangsa di Hotel Wisma Aksi  Pangkalpinang, O7 April 2015. Tujuannya adalah agar peserta yang terdiri dari Guru SD di Provinsi Kep. Bangka Belitung memahami konsep nilai-nilai karakter. Sedangkan strategi pelaksanaan pelatihan materi ini adalah fasilitator terutama kali membagi para guru menjadi beberapa kelompok, membagikan kertas flipchart, dan menjelaskan LK telaah film.
Nilai-nilai yang difokuskan dalam telaah ini adalah 8 nilai-nilai karakter, antara lain: JUJUR, DISIPLIN, TANGGUNGJAWAB, SANTUN, PEDULI, PERCAYA DIRI, TOLERANSI, dan KERJASAMA. Mengapa kami hanya membatasi kepada 8 nilai-nilai tersebut saja, padahal kita mengetahui bahwa ada 18 nilai-nilai yang selama ini harus dikembangkan di sekolah. Hal ini karena di kurikulum 2013, 8 nilai-nilai inilah yang terutama lebih ditonjolkan untuk menjadi fokus pembelajaran, namun bukan berarti nilai-nilai yang lain terabaikan. Para peserta diperbolehkan mengangkat yang lainnya jika ditemukan pada film tersebut.

 
 Lembar Kerja Telaah Film
‘LASKAR PELANGI’

NO
NILAI-NILAI YANG DITEMUKAN

DESKRIPSI KEGIATAN

1
TOLERANSI
SEKOLAH MENERIMA SIAPA SAJA MURID, TANPA MELIHAT LATAR BELAKANG MEREKA.
CONTOH: Saat ketika  harun ( seorang anak yang istimewa) yang  meskipun dengan kleterbatasan yang dimilikinya tetap diterima masuk sekolah )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar